Cara Menggunakan Kartu Kredit dengan Bijak

Cara Menggunakan Kartu Kredit dengan Bijak

Kartu kredit bisa menjadi cara yang murah untuk meminjam uang, tetapi ada cara yang baik dan buruk untuk menggunakannya. Panduan kami membahas, bagaimana cara menggunakan kartu kredit, untuk apa Anda menggunakannya? Apa saja manfaatnya? Dan dalam keadaan apa mereka harus dihindari?

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari kartu kredit Anda, Anda harus menggunakannya dengan benar. Cari tahu cara terbaik menggunakan kartu kredit untuk memastikan Anda mendapatkan penawaran yang bagus dan membayar suku bunga rendah.

Untuk apa Saya Bisa Menggunakan Kartu Kredit?

Anda dapat menggunakan kartu kredit Anda untuk melakukan pembayaran dengan cara yang sama seperti Anda menggunakan kartu debit atau uang tunai. Yang berbeda adalah uang itu tidak langsung keluar dari rekening Anda, seperti halnya dengan kartu debit. Sebagai gantinya, Anda memiliki jangka waktu tertentu sejak tanggal pembelian Anda sebelum Anda akan menerima pernyataan yang memberi tahu Anda berapa banyak yang harus Anda bayar. Kemudian Anda harus membayar kembali penyedia kartu kredit (yang pada dasarnya membayar uang untuk pembelian Anda di tempat pertama). Jadi Anda membayar secara kredit.

Penerbit kartu kredit biasanya akan memberi Anda waktu antara 45 hingga 56 hari untuk membayarnya kembali. Itu selalu lebih baik bagi Anda untuk melunasi saldo, tetapi Anda dapat melakukannya dengan mencicil.

Usahakan untuk selalu melunasi setidaknya jumlah minimum yang harus dibayar. Ini akan ditampilkan pada laporan kartu kredit Anda. Jumlah minimum adalah jumlah yang harus Anda bayar untuk menghindari biaya tambahan. Bahkan jika Anda tidak dapat melunasi seluruh tagihan kartu kredit Anda, Anda harus melunasi jumlah minimum tepat waktu.

Hindari membayar bunga atau biaya keterlambatan dengan menyiapkan debit langsung dari rekening Anda saat ini. Dengan begitu, Anda juga tidak akan lupa membayar.

Apa Saja Jenis-Jenis Kartu Kredit?

Pastikan Anda mendapatkan jenis kartu kredit yang tepat untuk Anda. Beberapa kartu dirancang untuk menangani utang, sementara yang lain lebih cocok untuk pengeluaran rutin. Jangan hanya memperhatikan headline suku bunga, tapi pikirkan baik-baik kelebihan masing-masing.

Misalnya, beberapa kartu kredit memberi penghargaan kepada Anda untuk pembelanjaan, yang lain memberikan cashback, beberapa tidak membebankan biaya bahkan jika Anda menggunakannya di luar negeri, dan yang lain dapat membantu Anda membangun poin loyalitas di gerai ritel.

Kartu kredit terbaik untuk Anda adalah yang sesuai dengan gaya hidup Anda. Jika Anda tidak dapat menghapus tagihan kartu kredit Anda setiap bulan, maka kartu dengan suku bunga rendah (APR) akan lebih cocok untuk Anda. Jika Anda selalu melunasi tagihan Anda, maka Anda mungkin ingin mempertimbangkan kartu kredit dengan fasilitas atau hadiah sehingga Anda dapat memaksimalkan pengeluaran Anda.

Bagaimana Saya Bisa Membayar dengan Kartu Kredit?

Menggunakan kartu kredit untuk pembayaran sama seperti menggunakan kartu debit, kecuali bahwa Anda memiliki periode bebas bunga dengan kartu kredit Anda yang tidak tersedia dengan kartu debit. Jika Anda membayar di toko, maka Anda harus menggunakan pin yang telah diberikan atau melakukan pembayaran tanpa kontak.

Saat ini, batas kartu kredit untuk pembayaran nirsentuh adalah £45. Kemungkinan jumlah ini akan meningkat menjadi £100 akhir tahun ini, setelah Menteri Keuangan Rishi Sunak mengumumkan bahwa ia bermaksud untuk meningkatkan batas pidato ini dalam Anggaran Maret 2021.

Ketika laporan kartu kredit Anda datang, itu akan menjelaskan kapan Anda perlu melakukan pembayaran ke penyedia kartu kredit Anda, dan berapa pembayaran minimumnya. Anda dapat melunasi seluruh saldo jika Anda ingin menghindari biaya bunga, atau membayar jumlah minimum untuk menghindari biaya penalti.

Apa Keuntungan Menggunakan Kartu Kredit?

Berbagai pro dan kontra dari kartu kredit sangat tergantung pada bagaimana Anda menggunakannya. Kebiasaan belanja yang baik dapat membantu Anda memaksimalkannya.

Kelebihan dari kartu kredit adalah mereka dapat membantu Anda dengan penganggaran. Misalnya, jika Anda memiliki barang atau jasa besar yang ingin Anda beli, Anda dapat menyebarkan biaya pelunasan selama beberapa bulan, daripada harus memiliki uang secara langsung.

Selain itu, kartu kredit memberikan perlindungan jika barang atau jasa rusak atau tidak sampai.

Kontra dari kartu kredit adalah mungkin untuk berutang dan menemukan bahwa Anda dikenakan bunga atas pengeluaran kartu kredit yang tidak dapat Anda bayar kembali. Menghabiskan uang dengan kartu kredit Anda tanpa memiliki rencana untuk membayarnya kembali, jadi pastikan Anda mengetahui berapa banyak yang Anda belanjakan dan pikirkan bagaimana Anda akan menemukan uang untuk melunasi tagihan Anda di akhir bulan..

Apa yang dapat Anda Lakukan dengan Kartu Kredit?

Bagaimana saya bisa menggunakan kartu kredit untuk mendapatkan pinjaman uang instan dan gratis?

Dengan kartu kredit, Anda dapat membeli sesuatu bahkan ketika Anda tidak memiliki cukup uang di rekening Anda saat ini. Anda hanya perlu memastikan bahwa Anda dapat melunasinya nanti.

Anda dapat melunasi saldo kartu kredit Anda secara penuh atau mencicil, mana yang lebih nyaman.

Tapi ingat, peminjaman hanya “gratis” jika Anda memiliki kartu kredit tanpa bunga. Lamanya penawaran bebas bunga bervariasi dari satu kartu ke kartu lainnya. Ketika Anda diterima untuk kartu kredit, Anda mungkin tidak mendapatkan periode bebas bunga penuh – itu tergantung pada bagaimana penyedia kartu kredit memandang situasi keuangan Anda.

Tidak disarankan menggunakan kartu kredit untuk penarikan tunai atau pembelian mata uang asing. Anda akan dikenakan bunga dari saat Anda melakukan transaksi dan Anda mungkin dikenakan biaya tambahan juga. Jika Anda memiliki kartu kredit tanpa biaya mata uang asing, Anda masih dapat membeli barang dan jasa di dalamnya tanpa dikenakan bunga langsung.

Bagaimana saya bisa menggunakan kartu kredit untuk meningkatkan skor kredit saya?

Skor kredit Anda memberikan indikasi tentang status file kredit Anda. File kredit Anda adalah catatan keuangan Anda sejak enam tahun yang lalu. Ini menunjukkan aplikasi untuk produk keuangan seperti kartu kredit, hipotek dan beberapa rekening giro.

Jika Anda selalu melunasi hutang Anda secara penuh dan tepat waktu, maka kemungkinan besar Anda memiliki peringkat kredit yang baik. Peringkat yang baik memudahkan untuk mendapatkan berbagai produk utang, perjanjian kredit, dan kontrak seperti broadband dan kontrak telepon seluler di masa mendatang.

Jika Anda belum pernah memiliki produk utang sebelumnya, akan ada sedikit bukti dalam file kredit Anda untuk menunjukkan bahwa Anda dapat membayar kembali uang. Atau, Anda mungkin memiliki peringkat kredit yang buruk karena perilaku keuangan yang sebelumnya tidak bertanggung jawab.

Mendapatkan kartu kredit dapat meningkatkan skor kredit Anda. Ini akan membantu menunjukkan kepada calon penyedia kartu kredit bahwa Anda adalah orang yang aman untuk meminjamkan uang.

Jika Anda memiliki masalah utang, atau masalah mendapatkan kartu kredit di masa lalu, maka bandingkan kartu kredit buruk terbaik kami untuk menemukan yang cocok untuk Anda.

Apakah Saya Mendapatkan Perlindungan jika Membeli Dengan Kartu Kredit?

Perlindungan terbesar untuk pembelian kartu kredit dimungkinkan berdasarkan pasal 75 Undang-Undang Kredit Konsumen 1974. Ini berarti bahwa jika Anda membelanjakan lebih dari £100 untuk barang atau jasa pada kartu kredit Anda, dan kartu kredit Anda rusak, maka Anda memiliki perlindungan konsumen.

Apa itu Bagian 75 dan Bagaimana Hal itu Membantu Saya Ketika Saya Menggunakan Kartu Kredit Saya?

Dengan Bagian 75, Anda memiliki perlindungan jika barang yang Anda beli cacat, rusak, atau tidak pernah dikirim, atau pengecer menolak mengembalikan uang Anda. Ini memungkinkan Anda untuk mengklaim uang Anda kembali melalui penyedia kartu kredit Anda.

Bagian 75 membuat pengecer dan penyedia kartu kredit sama-sama bertanggung jawab jika terjadi kesalahan.

Misalnya, Anda menggunakan kartu kredit untuk membeli TV baru, yang ternyata rusak. Anda telah menghubungi pengecer, tetapi mereka menolak untuk mengembalikan uang Anda (atau mereka bangkrut). Berdasarkan Bagian 75, karena penyedia kartu kredit sama-sama bertanggung jawab, penyedia kartu kredit dapat mengembalikan uang Anda.

Anda bahkan akan memenuhi syarat untuk perlindungan konsumen ini jika Anda tidak membayar total biaya pada kartu kredit Anda. Jadi, jika Anda hanya membayar deposit dengan kartu kredit Anda dan sisanya dengan cek, Anda masih dapat mengklaim pengembalian dana untuk jumlah penuh di bawah perlindungan hukum ini.

Jika terjadi kesalahan dalam pembelian, Anda harus terlebih dahulu menghubungi pengecer tempat Anda membeli barang atau jasa. Mereka mungkin dapat membantu Anda secara langsung.

Jika Anda tidak dapat menghubungi mereka, mereka gulung tikar atau mereka menolak untuk mengembalikan uang Anda, inilah saatnya untuk menghubungi penyedia kartu kredit Anda. Pastikan Anda melacak setiap tanda terima untuk membantu proses berjalan lancar.

Jika perusahaan kartu kredit Anda menolak klaim Anda, maka Anda dapat merujuk kasus tersebut ke Financial Ombusdman Service (FOS). Mereka akan bertindak sebagai mediator independen dan mencari solusi.

Beberapa alasan Anda mungkin tidak dapat mengklaim adalah:

  • Anda menggunakan kartu tagihan atau kartu toko untuk melakukan pembelian
  • Pembelian Anda kurang dari £100 atau lebih dari £30,000
  • Anda menggunakan kartu kredit perusahaan
  • Anda menggunakan cek kartu kredit
  • Pembelian dilakukan melalui PayPal (atau penjual pihak ketiga lainnya)

Pemberian kartu kredit Anda akan sering mengembalikan uang Anda jika kartu kredit Anda dicuri dan digunakan untuk penipuan. Tetapi jika pemberi pinjaman menentukan bahwa Anda lalai, Anda mungkin tidak mendapatkannya kembali.

Untuk melindungi pembelian Anda secara online, kartu kredit juga memiliki teknologi 3D Secure. Ini adalah lapisan keamanan ekstra untuk memastikan bahwa memang Anda yang melakukan pembelian online. Kartu Visa menggunakan Verified by Visa, sedangkan MasterCard menggunakan SecureCode.

Bagaimana Saya Bisa Menggunakan Kartu Kredit untuk Mentransfer Hutang Saya?

Anda mungkin dapat mentransfer hutang yang ada ke kartu kredit transfer saldo 0%. Jadi, jika Anda berhutang pada kartu kredit lain, cerukan rekening bank atau kredit toko yang semuanya membebankan bunga kepada Anda, Anda bisa menabung.

Anda dapat menaruh uang yang Anda hemat pada bunga untuk melunasi hutang itu sendiri. Ini mengurangi kemungkinan utang Anda menjadi lebih buruk secara signifikan.

Tidak semua orang bisa mendapatkan kartu transfer saldo 0%, terutama yang memiliki periode bebas bunga yang panjang. Untuk mendapatkan yang terbaik, Anda memerlukan peringkat kredit yang sangat bagus dan file kredit yang solid.

Related Posts