7 Tips untuk Pemegang Kartu Kredit Pertama Kali
Kartu Kredit

7 Tips untuk Pemegang Kartu Kredit Pertama Kali

Pemilik kartu kredit pertama kali mungkin tidak memahami batasan kartu baru mereka; mudah untuk bertindak seolah-olah kartu kredit memberikan hak kepada pemegangnya untuk membelanjakan uang sebanyak yang mereka inginkan, kapan pun mereka mau.

1. Pelajari Aturannya

Ketika Anda pertama kali mendapatkan kartu Anda, Anda akan menerima pengungkapan kartu kredit, yang akan merinci tingkat bunga, biaya, dan batas kredit kartu Anda. Menyadari aturan ini sangat penting.

Anda tidak ingin terkejut dengan tuduhan yang sebenarnya bisa Anda hindari dengan mudah. Karena perusahaan kartu kredit menghasilkan banyak uang dari biaya, sebagian besar kartu memiliki banyak biaya potensial.

Perusahaan kartu kredit juga dapat mengubah syarat dan ketentuan kapan saja, jadi perhatikan pembaruan melalui pos.

2. Simpan Informasi Kartu Anda dengan Aman

Dunia dipenuhi dengan penipu yang akan sangat senang menghabiskan tagihan besar pada kartu baru Anda. Simpan kartu Anda dekat dengan orang Anda, dan di tempat yang aman.

Jangan tinggalkan tas atau dompet berisi kartu Anda tanpa pengawasan. Saat berbelanja online, tetap berpegang pada situs yang memiliki reputasi baik dan aman.

Demikian pula, jangan memberikan informasi akun Anda melalui email atau obrolan online, atau kepada siapa pun yang menghubungi Anda melalui panggilan telepon yang tidak diminta.

3. Kontrol Pengeluaran Anda

Kartu kredit tidak akan memotong Anda jika Anda menghabiskan lebih dari yang Anda mampu. Ini adalah keuntungan besar mereka dan, berpotensi, kelemahan terburuk mereka.

Baca Juga:  Melindungi Kartu Kredit Anda Saat Menggunakan Presto

Ini semua masalah disiplin diri dan kontrol: hanya karena Anda dapat menunda pembayaran utang kartu kredit Anda sampai nanti, bukan berarti Anda harus melakukannya.

Jangan biarkan kemudahan dalam membelanjakan uang menipu Anda: apa pun yang Anda beli pada akhirnya akan keluar dari kantong Anda, jadi belilah hanya yang sesuai dengan anggaran Anda.

4. Jangan Gunakan Uang Muka Kecuali dalam Keadaan Darurat

Uang muka adalah pinjaman tunai dari kartu kredit, biasanya dilakukan langsung dari ATM.

Tetapi hak istimewa untuk menerima pinjaman ini tidak murah: penarikan tunai menimbulkan tingkat bunga yang tinggi dan biaya transfer yang mahal.

Tingkat bunga uang muka umumnya bahkan lebih tinggi daripada tagihan kartu kredit biasa.

Meskipun pada kesempatan langka, uang muka mungkin diperlukan, jangan pernah menjadikannya kebiasaan.

5. Periksa Pernyataan Anda

Perusahaan kartu kredit memberi pemegang kartu mereka laporan bulanan dari semua barang yang dibeli. Memeriksa pernyataan Anda akan memungkinkan Anda untuk menangkap tuduhan penipuan.

Pencurian identitas tidak pernah lebih umum, jadi waspadai tanda-tanda seseorang memiliki akses gelap ke kartu Anda adalah penting.

Jangan abaikan biaya kecil: beberapa penipu fokus pada jumlah kecil untuk menghindari deteksi, atau untuk menguji kegunaan kartu.

6. Pilih Tanggal Jatuh Tempo Anda dengan Bijak

Beberapa perusahaan kartu kredit akan mengizinkan Anda untuk memilih kapan tagihan kartu kredit Anda akan jatuh tempo. Jika memungkinkan, pilihlah kencan beberapa hari setelah hari gajian Anda.

Baca Juga:  Cara Transfer Uang dari Kartu Kredit ke Rekening Bank

Mengatur hal-hal dengan cara ini akan memudahkan pembayaran saldo bulanan Anda karena Anda akan mendapatkan arus masuk uang tunai tepat sebelum Anda harus membayar.

7. Lunasi Tagihan Anda Tepat Waktu

Hutang kartu kredit bisa sangat merusak banyak nyawa telah dirusak oleh penggunaan kartu kredit yang tidak bertanggung jawab. Buatlah aturan pribadi yang ketat bahwa Anda akan selalu membayar tagihan kartu kredit Anda saat jatuh tempo.

Pastikan Anda akan dapat melakukannya dengan melacak pengeluaran Anda dan berapa banyak uang yang Anda miliki di bank.

Sekali lagi, disiplin diri dan kemampuan untuk mengatakan ‘tidak’ pada pembelian yang menggiurkan sangat penting.

Ingat, segera setelah tagihan tidak dibayar, bunga mulai bertambah, dan biaya keterlambatan juga dapat terjadi jadi jangan terlambat.

Kartu kredit nyaman dan akan membuat kehidupan finansial Anda lebih mudah dan sederhana. Digunakan dengan hati-hati dan disiplin, kartu kredit tidak akan menyebabkan kerusakan.